Syarat Mendirikan Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan)

Diposting pada 230 views

Syarat Mendirikan Pabrik AMDK ~ Keinginan untuk memiliki/mendirikan Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) biasanya keinginan tersebut adalah dari mereka kalangan para pengusaha DAMIU (Depot Air Minum Isi Ulang) yang sudah sukses, sudah bisa menjual ratusan galon /hari. DAMIU nya sudah memiliki banyak outlet dan cabang di beberapa tempat, sehingga kemudian terbersit memiliki cita-cita/impian untuk mendirikan Pabrik AMDK. selain dari kalangan tersebut, ada juga dari kalangan yang berbasis Komunitas seperti kalangan dari Pondok Pesantren yang sudah memiliki jaringan segment pasar yang luas seperti alumni pesatren yang sudah tersebar di berbagai daerah yang mana alumni tersebut bisa di jadikan agen penjualan, dan juga biasanya keinginan mendirikan pabrik AMDK adalah dari kalangan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) yang mendapat anggaran dana desa dari pemerintah pusat setiap tahun, supaya desa bisa berdikari produktif memiliki income/pemasukan untuk desa. Dan juga dari beberapa kalangan strategis lainnya seperti investor yang memiliki modal yang cukup besar yang mana dia memang sudah membidik segment ceruk pasar dibidang bisnis air minum ini.
Syarat Mendirikan Pabrik AMDK
Adapaun Syarat Mendirikan Pabrik AMDK adalah sebagai berikut ini:

Memiliki Legalitas Izin Edar Pemasaran Produk

Legalitas Izin Edar Pemasaran Produk tersebut meliputi:

  1. SNI (Standar Nasional Indonesia)
  2. Sertifikat BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)
  3. Sertifikat Halal dari Kemenag

Untuk Mendaftarkan SNI, BPOM, Halal Kemenag tersebut, syarat-syarat yang harus sudah anda miliki adalah berupa Legalitas Perusahaan atau dengan kata lain, anda sudah memiliki/sudah mendirikan Perusahan yang sudah Legal, yaitu:

  1. Harus sudah berbentuk badan usaha seperti UD./CV./PT. (Punya SIUP, NIB, NPWP)
  2. Sudah memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangungan)
  3. Sudah mendaftarkan merk air minum nya di Kemenkumhan terlebih dahulu
  4. Sudah memiliki IUI (Izin Usaha Industri)
  5. Sudah memiliki SIPA (Surat Izin Pengambilan Air)

Semua izin wajib ditulis peruntukan: Industri Air Minum Dalam Kemasan. Jika anda sudah memiliki CV/PT tetapi jenis usahanya berbeda (bukan izin Industri Air Minum Dalam Kemasan), apakah bisa? Jawababannya Tidak bisa! Perizinan CV/PT wajib spesifik untuk Industri Air Minum Dalam Kemasan.

Hal Lain Yang Mesti Anda Perhatikan Untuk Mendirikan Pabrik Air Minum Dalam Kemasan

Selain izin-izin legalitas diatas, anda juga harus memiliki bangunan/ruangan yang harus Standar SNI, karena jika ruangan produksi AMDK anda tidak standart SNI, maka izin SNI tidak akan keluar, misal izin SNI bisa keluar anda mesti melalui tahap-tahap audit temuan revisi beberpa kali (dan itu juga butuh biaya yang cukup banyak setiap mendatangkan tim auditor dari SNI), berikut ini contoh layout/penataan ruangan sekat-sekat ruangan produksi mesin AMDK standar SNI. ref

Selain gedung/bangunan/ruangan yang Standar SNI, peralatan/material/komponen WTP (Water Teratment Plant) juga harus standart SNI, baik teknis pemasangannya maupun material/komponen yang digunakan. Berikut ini contoh ilustrasi gambaran alat-alat/komponen WTP (Water Teratment Plant) Standar SNI.
Syarat Mendirikan Pabrik AMDK
Berikut ini gambaran RAB (Rencana Anggaran Biaya) WTP (Water Teratment Plant) Standar SNI yang mesti anda install untuk mendirikan pabrik AMDK impian anda.

Dari keseluruhan kebutuhan-kebutuhan diatas, juga masih belum termasuk berikut ini:

  1. Tanah dan Bangunan
  2. Partisi Kaca Ruangan
  3. Pemasangan listrik PLN
  4. Inventaris untuk adimistrasi kantor, seperti laptop/komputer, printer, modem koneksi internet
  5. AC pendingin ruangan 2 PK (beberapa unit)
  6. Truck/Pickup kendaraan untuk distribusi/pengiriman barang

Syarat-syarat diatas, tentu membutuhkan resource/sumber daya modal financial yang cukup tinggi. Nah, untuk tahap awal percobaan usaha AMDK anda bisa memilih Paket Hemat DAMIU + AMDK Kemasan Gelas dan juga Paket Hemat DAMIU + AMDK Kemasan Botol untuk mendirikan Pabrik AMDK dengan budget ekonomis yang disediakan oleh INVIRO. jika ada yang mau ditanyakan, silahkan feel free saja untuk menghubungi CS INVIRO untuk mendapatkan info product knowledge lebih detail lagi. Terimakasih, semoga kesuksesan, kesehatan, keselamatan dan kebahagiaan senantiasa dilimpahkan kepada bapak/ibu sobat INVIRO sekeluarga sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *